Selasa, 05 Januari 2010

Fungsi Manajemen Strategis

Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya. Strategis adalah rencana komprehensif yang digunakan untuk mempertahankan keberlangsungan organisasi di lingkungan di mana organisasi tersebut menjalankan aktivitasnya sehingga dapat mencapai tujuan organisasi.
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Manajemen Strategis adalah sebuah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk mempertahankan keberlangsungan kehidupan organisasi tersebut dan untuk memeroleh pencapaian tujuan organisasi dengan melakukan berbagai tahapan-tahapan berupa perencanaan strategi serta pengimplementasian strategi.

Secara garis besar, proses manajemen strategis dapat dibagi dua, yaitu perencanaan strategis (strategic planning) dan implementasi strategis (strategic implementation).
1.Perencanaan Strategis (strategic planning).Proses ini mencakup dari mulai penentuan tujuan hingga penyusunan strategi.
Penentuan tujuan bisa berupa multiple goals & single goals, bisa pula ditentukan menurut segi keluasan dan jangka waktu, segi kejelasan, serta drekuensi penggunaan.
Penyusunan strategi terdiri atas 3 fase, yaitu penilaian keperluan penyusunan strategi, analisis situasi internal & eksternal, serta pemilihan strategi.
2.Implementasi Strategis (strategic implementation).Proses ini mencakup implementasi yang dijalankan berdasar strategi yang dipilih dan juga pengendalian atas implementasi yang dilakukan.

Manajemen strategis juga merupakan proses untuk membantu organisasi dalam mengidentifikasi apa yang ingin mereka capai, dan bagaimana seharusnya mereka mencapai hasil yang bernilai. Besarnya peranan manajemen strategis semakin banyak diakui pada masa-masa ini dibanding masa-masa sebelumnya. Dalam perekonomian global yang memungkinkan pergerakan barang dan jasa secara bebas diantara berbagai negara, perusahaan-perusahaan terus ditantang untuk semakin kompetitif. Dalam manajemen strategi ini juga harus ada komponen dalam strategi, komponen strategi ini yaitu :

1.Kompetensi yang berbeda adalah sesuatu yang dimiliki oleh perusahaan dimana perusahaan melakukannya dengan baik dibandingkan dengan perusahaan lainnya
2.Ruang lingkup adalah lingkungan dimana organisasi atau perusahaan tersebut beraktivitas.
3.Distribusi sumber daya adalah bagaimana sebuah perusahaan memanfaaatkan dan mendristribusikan sumber daya yang dimilikinya dalam menerapkan strategi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar